center>

Kata Kata Motivasi nan Bijak Para Ulama Tentang Syukur

00.29
Kata Kata Motivasi nan Bijak Para Ulama Tentang Syukur - Assalamualaikum wr. wb. Alhamdulillah admin masih diberi kesempatan untuk bisa menulis lagi di situs yang kecil ini, semoga apa yang akan dibahas kali ini dapat bermanfaat juga bernilai pahala dihadapan Allah swt. Aminn. .

Namun sebelum pembahasan dimulai, admin kembali ingin mengajak saudara-saudara ku sekalian untuk bisa berkontribusi bersama menulis di situs santrijogja.id ini, jika muncul pertanyaan saya bukan santri ataupun berasal dari jogja apa bisa ikut berkontribusi? Tentu saja bisa, disini kami sengaja membuat situs ini dengan niat ingin saling berbagi, dan apabila ada saudara-saudara ku yang mempunyai ilmu yang bisa dibagikan marilah bersama-sama kita saling berbagi akan ilmu tersebut dapat bermanfaat.

Penamaan situs santrijogja.id diberikan karena memang saja ini pembuat dari situs ini merupakan selain seorang mahasiswa juga seorang santri disalah satu pondok pesantren yang ada di Jogja, maka dari itu munculah nama santrijogja.id namun tidak berniat sedikit pun untuk membatasi para penulis atau pun pembaca dari situs ini. Kami sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin berbagi. Untuk itu marilah saudara ku kita berbagi kepada saudara-saudara muslim yang lainnya tentang sedikit yang kita punya dengan niat agar bermanfaat dan dapat bernilai pahala dihadapan Allah swt.

Kata Kata Motivasi nan Bijak Para Ulama Tentang Syukur


Baiklah langsung saja kita masuk kepada pembahasan kali ini yakni tentang Kata Kata Motivasi nan Bijak Para Ulama Tentang Syukur.

Ada kalanya kita sebagai seorang manusia ketika mendapat cobaan terdakang merasa terpuruk akan apa yang sedang Allah swt uji pada kita kala itu. Wajar saja karena itu memang kodrat kita sebagai seorang manusia, akan tetapi keterpurukan itu janganlah berlarut-larut. Kita sebagai seorang muslim harus bisa selalu bangkit ketika kita terjatuh, bangkit memperbaiki apa yang seharusnya kita perbaiki dan melakukan semuanya dengan lebih baik lagi. Dengan niat baik dan semata-mata hanya mengharap ridho Allah swt. Setelah semuanya berhasil kita lakukan hendaknya kita selalu memanjatkan rasa syukur kepada Allah swt.

Bagaimanakah cara bersyukur yang benar dan sesuai dengan apa yang seharusnya. Berikut ini ada beberapa kata kata motivasi nan bijak para ulama berkenaan dengan syukur. Mari bersama sama kita simak dan pelajari setelah itu bisa kita amalkan.

Semoga dengan kata kata motivasi, kata kata bijak dari para ulama yang ada dibawah ini kita bisa membuat kita semakin semakin merasa bersyukur.

Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Katsir berkata, sebagai penduduk Hijaz berkata, Abu Hazim mengatakan,

كُلُّ نِعْمَةٍ لاَ تُقَرِّبُ مِنَ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ، فَهِيَ بَلِيَّةٌ.
Yang artinya : “Setiap nikmat yang tidak digunakan untuk mendekatkan diri pada Allah, itu hanyalah musibah.” (Hilyah Al- Awliya’, 1: 497)

Mukhollad bin Al Husain juga berkata,

الشُّكْرُ تَرْكُ المعَاصِي

Yang artinya : “Syukur adalah dengan meninggalkan maksiat.” (‘Iddah Ash-Shabirin, hlm. 159)

Dengan syukur maka akan terus menambahlah nikmat kita dan juga membuat nikmat tersebut tetap ada.

Hakekat dari syukur adalah dengan melakukan ketaatan serta dengan menjauhi maksiat.

Ibnu Abid Dunya menyebutkan hadits dari ‘Abdullah bin Shalih, ia mengatakan bahwa telah menceritakan padanya Abu Zuhair Yahya bin ‘Athorid Al Qurosyiy, dari bapaknya, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَرْزُقُ اللهُ عَبْدًا الشُّكْرَ فَيَحْرُمُهُ الزِّيَادَة

Yang artinya : “Allah tidak mengaruniakan syukur pada hamba dan sulit sekali ia mendapatkan tambahan nikmat setelah itu. Karena Allah Ta’ala berfirman,

serta juga :

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ

Yang artinya : “Jika kalian mau bersyukur, maka Aku sungguh akan menambah nikmat bagi kalian.” (QS. Ibrahim: 7)  (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, 4: 124)

Al Hasan Al Bashri juga berkata, “Sesungguhnya Allah memberi nikmat kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Jika seseorang tidak mensyukurinya, maka nikmat tersebut berbalik jadi siksa.”

Ibnul Qayyim juga berkata pula, “Oleh karenanya orang yang bersyukur disebut hafizh (orang yang menjaga nikmat). Karena ia benar-benar nikmat itu terus ada dan menjaganya tidak sampai hilang.” (‘Iddah Ash-Shabirin, hlm. 148)

Sunggu indah sekali kata kata motivasi nan bijak diatas, semoga setelah membaca apa yang ada diatas dapat menambah rasa keimanan serta khususnya menambah rasa syukur kita kepada Allah swt. Dengan demikian maka Allah swt akan terus menambah nikmat tersebut dan nikmat tersebut akan tetap ada atau dapat terus kita rasakan.

Subhanallah, Maha suci Allah semoga kita menjadi salah satu orang yang tergolong demikian. Selalu mendapat nikmat dari Allah swt yang tiada hentinya. Oleh karena itu pandai pandai lah kita bersyukur pada saat kita mendapat nikmat dari Allah swt.

Semoga apa yang dibahas kali ini tentang Kata Kata Motivasi nan Bijak Para Ulama Tentang Syukur dapat bermanfaat dan bisa diamalkan sehingga keimanan kita semakin bertambah kepada Allah swt.

Mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penyampainya, kiranya apabila para saudara seiman mau memberi tambahan silakan berkomentar pada kolom komentar yang ada dibawah. Sekian dari admin dan jangan lupa Ayo Berkontribusi ! (klik Ayo Berkontribusi dibawah), terima kasih telah berkunjug jangan lupa kunjungi santrijogja.id. Wassalamualaikum wr. wb.

Sumber : https://rumaysho.com/13176-kata-kata-bijak-tentang-syukur.html
Previous
Next Post »
0 Komentar