center>

Cara Cerdas Menjadi Mahasiswa Mandiri

22.33
Cara Cerdas Menjadi Mahasiswa Mandiri - Selamat pagi, para mahasiswa dan juga para calon mahasiswa baik yang baru akan menjalani tes pendaftaran perguruan tinggi ataupun mungkin yang baru saja mendengar hasil dari pengumuman seleksi yang menyatakan bahwa dirinya diterima di Universitas favorit yang selama ini diidam-idamkan, Saya ucapkan selamat.

Pastinya sangat lega setelah mengetahui hal tersebut, rasanya itu seperti hampir sebelas dua belas seperti seolah-olah mendapatkan kepastian dari seorang gebetan yang selama ini kita idam-idamkan, setelah sekian lama diri digantungin dalam waktu berbulan-bulan lamanya. Akan tetapi, meskipun diri sudah diterima dikampus idaman, masih terdapat perasaan deg-degan juga sebab nantinya diri akan mulai beradaptasi dengan suasana lingkungan yang baru baik orang-orangnya yang berkepribadian berlain-lainnya juga dengan keadaanya yang tidak menentu? Terlebih lagi, apabila kamu berkuliah di luar kota bahkan dil uar pulai yang secara otomatis kamu akan jauh dari kedua orangtuamu.

Nah loh,  bagaimana itu? Tenang saja kali ini dengan tujuan mengatasi hal tersebut akan disajikan artikel yang nantinya akan mengajarkan kamu bagaimana cara menjadi mahasiswa mandiri yang bisa survive dalam segala macam kondisi dan situasi. Baiklah langsung saja berikut ini adalah Cara Cerdas Menjadi Mahasiswa Mandiri

source : google image

Ngatur uang bulanan

Jika selama sekolah di SD, SMP dan SMA uang jajan ataupun uang kebutuhan anda masih diberikan rutin secara harian atau rutin secara mingguan, pada saat kamu berkuliah kamu nantinya pasti akan diberikan uang jajan ataupun uang kebutuhanmu rutin secara bulanan bulanan. Sebab, nggak bisa dibayangin bagaimana jadinya kalau harian tiap hari kamu harus mondar mandir ke ATM hanya untuk mengambil uang jajan atau uang kebutuhan mu?

Dan terlebih ada suatu hal yang membuat seru, uang yang nantinya akan dikirimkan setiap bulanannya bukan hanya untuk makan dan juga hore-hore saja loh. Akan tetapi, ada juga uang untuk bayar biaya tempat tinggal atau biaya kos, transportasi yang setiap orang berbeda entah untuk membaar angkutan umum, membayar ojek langganan atau uang bensin baik motor, mobil maupun supir. Segala macam buku, fotokopian, print-print tugas dan juga mungkin uang untuk pengeluaran yang tidak terduga seperti jika kamu sakit.

Jadi, kamu mesti pintar-pintar lah dalam mengatur uang yang nantinya orang tua berikan kepada mu agar kamu kalau orang jawa bilang tidak nelangsa seperti makan nasi dengan kecap saja atau bahkan promag saja (untuk mencegah mag) setiap akhir bulan.

Berani ngambil keputusan

Jika kamu biasanya dalam hal apapun selalu minta pendapat dari orang tua alias Mama dan Papa mu. Nah sekarang ini berhubung kamu tinggal jauh dari rumah, sudah saatnya bagi kamu untuk mulai sendiri berani dalam mengambil setiap keputusan mu. Sangat tidak lucu sekalikan bukan apabila kamu sedang membutuhkan sesuatu, tetapi justru kamu malah bingung dalam menentukan iya atau tidaknya. Kamu harus terlebih dahulu menelepon orang yang ada di rumah untuk meminta pendapat mereka dalam menentukan keputusan tersebut dan barulah kamu bisa dengan yakin dengan keputusan yang akan kamu ambil?

Bisa saja sih hal diatas, namun bagaimana jika sangat urgent dan membutuhkan jawaban dengan segera! Hayoo.. Mulai sekarang beranilah dalam mengambil keputusan dan setelah mengambilnya jangan lupa juga kamu harus selalu mempertanggungjawabkan. Jadi, meski diri sendiri yang mengambil keputusan namun harus selalu dipikirkan dengan baik dan banyak pertimbangan terlebih dahulu ya.

Belajar masak

Nah cara yang satu ini benar-benar recommended banget deh buat kamu. Tidak hanya kantin di kampus saja, tetapi warteg dan warkop atau didaerah saya berkuliah disebut burjo yang 24 jam buka juga banyak berjejer di sepanjang jalan berangkat maupun pulang bahkan dideket kos mu pun ada. Mereka semua siap dalam memberikan pertolongan pada saat perut kamu itu kelaparan.

Eits, namun saran dari Techno-kang jika memang kamu dalam satu kos terdiri dari beberapa orang mending kamu berkolaborasi untuk membuat makan sendiri. Namun untuk itu kamu harus bisa masak, maka dari itu belajarlah memasak. Masa iya kamu setiap hari mau membelinya terus? Apa kamu tidak bosen? Lagian tidak ada salahnya jika kamu memasak makanan mu sendiri, terlebih bagi kamu-kamu yang seorang wanita yang nantinya akan menjadi istri yang baik bagi pasangan dan keturunannya. Selain makanannya menjadi lebih sehat, pengeluaran kamu juga dijamin menjadi lebih hemat, kamu juga bisa menjadi satu langkah didepan dari perempuan-perempuan lainnya dalam menjadi istri idaman

Ya, menu makanannya tidaak harus mewah ala hotel bintang lima atau bahkan bintang kejora. Tumis-tumis sayur yang mudah-mudah saja untuk tahap awal juga tidak masalah. Masa iya calon seorang ibu nantinya tidak bisa memasak untuk anak-anaknya? Malukan? Minimal bisa masak nasilah ya. :)

Naik kendaraan sendiri

Meski bukan seorang yang lahir dari keturunan hartawan yang banyak harta. Sehingga jangkan mobil dan motor, sepeda pun tak punya. Semua itu tak masalah asal anda bisa mengendarainya, sebab ada beberapa kampus dinegeri kita ini yang menyediakan sepeda bagi para mahasiswanya. Dan lagi jika anda minimal bisa mengendarainya pada saat urgent dan tidak mempunyai ongkos kamu bisa meminjam kepada temanmu, Masa iya sudah mijam minta disetirkan?

Namun syukur-syukur sih jika kamu punya salah satunya, dan mau menggunakannya. Dijamin uang kebutuhan kamu akan lebih irit karena berkurang untuk masalah kebutuhan transportasi.

Sekian lah artikel kali  ini yang berjudul Cara Cerdas Menjadi Mahasiswa Mandiri. Nanti jika ada part 2 nya akang kabarin deh. See you, Dont forget come back to Techno-kang

Previous
Next Post »
0 Komentar