center>

Serpihan Surga Yang Tersembunyi di Tanah Kelahiran

09.37
Tanah kelahiran adalah tanah kebanggan dimana kita dilahirkan, jika melihat dari sudut pandang negara maka bumi pertiwi Indonesia ini yang dengan segala pesona keindahannya adalah merupakan tanah kelahiran kita bersama sebagai Warga Negara Indonesia. Namun jika melihat dari aspek yang lebih kecil lagi maka Kabupaten Brebes tercinta adalah tempat awal dimana diri ini melihat indahnya dunia.

Sebuah nama kabupaten yang mungkin belum semua orang mengetahuinya. Namun setelah kejadian di "Brexit" tiba-tiba saja nama Kabupaten Brebes  menjadi terkenal dan melegenda seantero jagat bahkan hingga ke negara-negara yang jauh di barat sana. Meskipun kejadian tersebut sangat disayangkan, namun sebagai penduduk lokal saya pribadi mencoba untuk mengambil sisi positifnya yakni perlahan mulai banyak masyarakat Indonesia bahkan masyarakat luar Indonesia yang memberikan perhatiannya kepada Kabupaten Brebes tercinta, nah dimulai dari sinilah nantinya semua akan berubah.

Foto Penulis di Kaligua

Brebes sendiri merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang terletak di bagian Utara paling Barat Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Jawa Barat, Jadi Kabupaten Brebes merupakan bagian dari Jawa Tengah dan hal tersebut merupakan suatu kebanggaan, sebab banyak orang berkata bahwa pulau jawa khusunya Jawa Tengah merupakan serpihan surga yang tersembunyi. Hal tersebut memang tidak dapat terelakan, sebab banyak sekali pesona keindahan yang terdapat didalamnya dan pesona tersebut belum banyak diketahui oleh masyarakat luas bahkan ada beberapa yang tidak tersadari oleh penduduk lokalnya sendiri, begitu pula yang terjadi di tanah kelahiran saya Kabupaten Brebes tercinta.

Mungkin bagi beberapa orang yang mengenal Kabupaten Brebes sebelumnya, kebanyakan mereka pastilah hanya mengetahuinya dari sebutannya saja sebagai Kota Bawang Merah atau Kota Telur Asin. Hasil bumi dan Oleh-oleh khas dari Brebes yang satu ini memang banyak diburu oleh masyarakat, terutama pada saat musim mudik arus balik hari raya sebagai buah tangan perjalanan. Mereka semua rela untuk memberikan jeda sejenak pada perjalanan mereka demi untuk mampir membeli Bawang Merah dan Telur Asin Brebes yang memiliki cita rasa khas di pusat oleh-oleh Kabupaten Brebes.

Instagram @isnatiapipit dan @haryantocarlina

Namun siapa sangka selain Bawang Merah dan Telur Asinnya yang khas Kabupaten Brebes sendiri memiliki Serpihan Surga yang tersembunyi. Berikut ini saya sebagai warga lokal Kabupaten Brebes mencoba untuk mengambarkan beberapa diantaranya. Akan tetapi sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat yang sudah mengungkapkan kebenaran atas Serpiha Surga di Tanah Kelahiran Kabupaten Brebes tercinta kita melalui gambar-gambarnya yang luar biasa, dan saya mohon maaf selaku penulis karena tidak bisa menggambarkan semuanya dengan tangan sendiri karena keterbatasaan saya pribadi baik dari segi pengetahuan, informasi maupun ekonomi.

Nah langsung saja berikut ini adalah Serpihan Surga di Tanah Kelahiran Kabupaten Brebes, Provisi Jawa Tengah, Indonesia.

Sejuknya Udara di Kebun Teh Kaligua

Instagram @friskanoviani27
Sudah bukan isapan jempol belaka jika tanah di Indonesia sering disebut-sebut sebagai tanah surga, bahkan salah satu legenda musik Indonesia Koes Plus pun pernah menggambarkannya dalam sebuah lagu yang liriknya seperti ini

...
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
...
Dari lirik tersebut bisa diumpamakan bahwa bahkan tongkat kayu dan batu sekalipun jika ditanam ditanah Indonesia bisa hidup menjadi tanam karena memang betapa suburnya tanah di Indonesia layaknya tanah yang ada di surga. Seperti itu pulalah tanah yang ada di Kabupaten Brebes, yang bukan hal aneh lagi apabila banyak masyarakat Brebes yang menggantungkan hidupnya disektor pertanian dan perkebunan. Selain dari produk pertanian bawang merahnya juga terdapat produk kebun tehnya. Kebun teh tersebut bernama Kebun Teh Kaligua, Terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia ini selain berperan sebagai perkebunan juga dikelola dengan baik sebagai objek wisata yang sangat cocok dan direkomendasikan sekali bagi kamu yang memang sangat suka melihat dan memandangan pesona alam.

Dokumentasi Penulis, Denah dan Sejarah Goa Jepang

Lalu apakah hanya sebatas pesona kebun teh saja yang bisa kita nikmati? Tidak kawan ku, seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa tanah kelahiran kita memiliki Serpihan Surga yang tersembunyi didalamnya. Perlu kawan-kawan ketahui juga bahwa mengapa Kaligua ini dijadikan sebagai objek wisata karena di sekitar areal ini kita tidak hanya sekedar disuguhkan dengan pesona kebun teh saja, akan tapi kita juga akan disuguhkan beberapa pesona alam yang lainnya seperti Telaga Ranjang, Goa Jepang, Dan Mata Air Tuk Bening. Dan lebihnya lagi selain pesona alam juga terdapat beberapa permainan outbond pemacu adrenalin yang bisa kamu coba, terutama bagi anda laki-laki yang sangat suka dengan tantangan.

Untuk fasilitasnya sendiri sangat lengkap ko, terutama bagi yang berasal dari luar daerah Brebes. Pihak pengelola yang ada disana telah menyediakan fasilitas lengkap berupa penginapan, villa-villa yang bisa disewa, dan area perkemahan bagi kamu yang ingin menginap jadi tidak perlu khawatir apabila kamu lama diperjalanan dan sampai menjelang malam di Kaligua. Disisi lain terdapat juga fasilitas penunjang berupa gedung pertemuan bagi kamu yang memiliki acara formal, lapangan olahraga bagi yang hobi olahraga, kafe tempat makan minum, pusat layanan kesehatan untuk pengunjung yang tiba-tiba tidak enak badan, serta sarana ibadah bagi kamu yang memang ingin selalu tepat waktu dalam beribadah.

Dan yang lebih istimewanya lagi untuk bisa masuk kawasan Agrowisata Kebun Teh Kaligua ini, kamu hanya perlu merogoh kantong untuk tiket masuk sebesar Rp. 8.000,- saja. Bagaimana murah bukan? Ayo berkunjung ke Kebun Teh Kaligua, ikuti map berikut ini




Pesona Sunrise dan Sunset di Pantai Randusanga

Setelah dataran tinggi kini kita akan menuju kedataran rendah terlebih dahulu di Kabupaten Brebes tepatnya di daerah Pantura atau pantai utara Kabupaten Brebes. Ituloh yang kemarin mudik lewat "Brexit" terus kecebak macet sampai-sampai bensinnya habis, nah benar disekitar jalan itu. Siapa sangka bahwa tidak jauh dari tempat kemacetan kemarin pada saat kamu mudik lewat pantura Brebes ternyata ada Serpihan Surga yang tersembunyi. Tepatnya 7 km dari kawasan jalan raya pantura di Desa Randusanga kulon, Brebes, Jawa Tengah.

Pantai Randusanga namanya, pesona Sunrise dan Sunset di Pantai Randusanga ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Sudah banyak ditemukan Spot-Spot terbaik untuk melihat Sunrise dan Sunset, bahkan penulis sendiri telah menemukannya. Masih teringat jelas kala itu pada saat hari libur sekolah, saya dengan tiga orang teman saya cewek cowok rela bangun pagi demi mendapat moment terbaik dari fenoma alam yang terjadi setiap pagi hari. Kami saling bangun membangunkan, lalu kemudian bergegas menuju Pantai Randusanga. Sesampainya disana, melewati pintu masuk retribusi kami langsung menuju ke arah kiri dimana terdapat banyak bebatuan, itu adalah spot favorit kami.

Dokumentasi Penulis Melihat Sunrise di Pantai Randusanga

Untuk spot dari fenomena alam yang sangat indah lawan dari sunrise kalau kata orang yakni sunset, nampaknya sudah ditemukan juga oleh teman kita yang satu ini. Terima kasih kamu yang telah menemukan salah satu Serpihan Surga di Tanah Kelahiran Kabupaten Brebes tercinta.

Instagram @syukurbayu

Perlu diketahui bahwa Pantai Randusanga ini juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk membudiyakan rumput laut dan ikan bandeng. Tak hanya itu saja, sembari mengagumi pesona pantai dan juga deburan ombak yang tidak terlalu besar, kamu dapat menyantap makanan khas Rujak Uleg yang siap menggoyang lidah mu. Sedangkan untuk fasilitasnya sendiri di Pantai Randusanga ini terdapat grass track dari arena balap motor, panggung gembira, camping ground, kafe serta rumah makan yang menyediakan makanan khas ikan laut bakar, yang ikannya bisa langsung kamu pancing sendiri. Dan untuk tiket masuknya sangat terjangkau yakni hanya Rp. 10.000,- Bagaimana tertarik untuk mengunjunginya? Ikuti map berikut




Ukiran Alami nan Epic Curug Putri

Serpihan surga yang sangat penulis inginkan untuk segera dapat mengunjuginya tahun lalu. Namun apa daya hari libur kuliah ketika lebaran yang bertepatan dengan peristiwa 'Brexit' mengurungkan niat dari penulis. Kondisi jalan yang sangat padat layaknya lautan kendaraan seakan menghadang jalan penulis untuk dapat menemuinya. Curug Putri, Oh Curug Putri betapa ingin diri ini bertemu dengan mu.

Serpihan surga yang berlokasi di Dukuh Padanama, Desa Mandala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes, Jawa Tengah, Indonesia ini adalah sebuah air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter. Tempatnya yang tersembunyi jauh dari perkotaan membuat Curug Putri masih terjaga ke naturalannya. Lekuk dari ukiran tebing yang masih alami tidak tersetuh tangan ini membentuk guratan-guratan ornamen yang sangat epic.

Instagram @donnyd08_
Untuk bisa menikmati pesona dari Curug Putri kamu tidak perlu membayar seperpun alias grastis, akan tetapi kamu harus berjuang ekstra demi dapat mengunjunginya. Pasalnya lokasi dari Curug Putri ini dapat dibilang cukup sulit. Jalanannya yang masih belum diaspal, menjadikan kendaraan-kendaraan tidak dapat leluasa masuk sampai lokasi Curug Putri. Untuk itu kamu mesti melakukan tracking untuk bisa sampai dilokasi air terjunnya. Semoga saja liburan kuliah berikutnya Penulis bisa kesana.



Ranto Canyon, Eksotisme Air Terjun Di Pegunungan

Selain Curug Putri, diliburan kuliah mendatang Penulis juga akan mengunjungi Serpihan Surga tersembunyi lainnya di Kabupaten Brebes yang berupa air terjun yakni Ranto Canyon. Dari namanya saja kita bisa merasakan betapa luar biasanya tempat tersebut. Dan hal tersebut memang benar adanya, Banyak orang berkata bahwa Ranto Canyon bagaikan Surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai.

Pesona alam yang terletak di Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah Indonesia ini sebenarnya merupakan wisata susur sungai yang memacu adrenalin. Arus air dari Sungai Cigunung yang deras, mampu membuat kita berjalan melewati bebatuan dan juga melangkah diantara tebing-tebing yang tinggi. Dengan didampingi pemandu kita akan menjelajahi track sejauh kurang lebih 670 meter. Menemukan spot-spot terbaik yang mampu memberikan pengalaman luar biasa yang tak terlupakan. Salah satunya adalah spot Hujan Abadi, yakni air tejun dengan aliran tidak begitu deras dan jatuh menyerupai hujan.

Untuk menuju lokasi ini sendiri kamu hanya dapat menggunakan kendaraan pribadi selama kurang lebih 2,5 jam perjalanan dari Kota Brebes. Dan setelah tiba dilokasi, kamu juga masih harus berjalan melalui jalan setapak sejauh kurang lebih 200 meter lagi. Meskipun lama dan penuh perjuangan hal tersebut sangat sepadan dengan apa yang akan kamu dapat pada saat memasuki Ranto Canyon, kamu akan disambut sejuknya hawa pegunungan dan pemandangan indah di antara tebing yang terjal. Dan dari dasar sungainya, kamu dapat melihat pesona alam yang indah disertai aliran air yang mengalir di antara tebing bebatuan.

Instagram @amirestu

Untuk bisa menikmati pesona dari Ranto Canyon yang sangat eksotis ini, kamu cukup merogoh kocek Rp. 30.000, itu pun sudah mencangkup pemandu wisata, sewa helm + pelampung. Bagaimana tertarik untuk menghabiskanliburan di Ranto Canyon? Langsung ikuti Map berikut ini.




Demikianlah apa yang dapat penulis sampaikan berkaitan dengan pariwisata, meskipun sebenarnya masih banyak Serpihan Surga di Kabupaten Brebes yang lainnya seperti Waduk Malahayu, waduk peninggalan kolonial Belanda yang  digunakan sebagai pengontrol banjir dan irigasi atau Candi Pangkuan, candi yang berusia hampir ratusan tahun serta bagi kamu yang suka dengan budaya yakni Desa Wisata Cisereuh warisan para leluhur. Akan tetapi sebelum penulis akhiri ada baiknya penulis berikan beberapa foto dari pesona Kabupaten Brebes tersebut yang didapat dari berbagai sumber di Internet.

Waduk Malahayu | Instagram @dede_kurnia1

 Candi Pangkuan | panoramio.com

Desa Wisata Cisereuh | 7jiwanusantara.com


Semoga kedepannya tanah kelahiran Kabupaten Brebes dapat menjadi lebih maju lagi khusunya dari segi pariwisatanya dengan Serpihan Surga yang tersembunyi didalamnya. Dan marilah kita sebagai penduduk lokalnya senantiasa untuk ikut andil dalam hal tersebut. Tidak perlu terlalu berat, cukup dengan membuang sampah pada tempatnya saja kita semua dapat menjadikan tanah kelahiran kita menjadi bersih dan masyarakat luar mau untuk mengunjunginya baik turis lokan maupun mancanegara. Sekian dari saja Wassalam . . .

VISIT BREBES !!!
VISIT JAWA TENGAH !!!
PESONA INDONESIA

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah
Previous
Next Post »

3 komentar

  1. Menginap di Vila dekat Kebun Teh asyik juga ya, Mas. Udaranya pastii suwejuuuk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba, Brebes memang T.O.P B.G.T

      Hapus
  2. Suka banget sama telor asin nya Brebes. Wah ternyata banyak tempat yang indah di Brebes ya

    BalasHapus