center>

Bencana Alam Tanggung Jawab Siapa?

16.49
    Beberapa waktu ini Indonesia sempat dibuat berduka atas bencana banjir bandang di Garut dan banjir yang terjadi di Bandung baru-baru ini. Banjir merupakan salah satu dari sekian banyak bencana alam yang ada di dunia ini. Berbagai persoalan sering timbul yang di akibatkan oleh banjir,mulai dari penyakit yang terjadi setelah banjir sampai bantuan untuk para pengungsi yang sering salah sasaran.

     Bencana alam memang sering tak dapat ditolak oleh manusia tapi, manusia masih di beri kesempatan untuk menanggulanginya sebelum terjadi. Banyak para ahli-ahli terkemuka diluaran sana sibuk untuk menciptakan alat-alat canggih untuk meminimalisir terjadinya bencana alam itu,mereka saling berlomba-lomba untuk menciptakan alat yang dapat memprediksi segala kemungkinan yang dapat terjadi dengan seakurat mungkin.

       Dizaman yang serba canggih ini,banyak sekali ilmu pengetahuan yang dapat kita pelajari walau tanpa proses pembelajaran formal,ilmu itu beredar kesana kemari untuk memenuhi hasrat manusia yang haus akan informasi, ilmu pengetahuan itu dapat membuat kita memahamu makna dari sekian banyak tanda-tanda alam mulai dari udara,cahaya,kelembapan bahkan dari bentuk awan yang sering berubah-ubah pun kita dapat memahami maknanya melalui ilmu.

      Manusia itu diciptakan dalam keadaan dan bentuk yang palung sempurna melebihi makhluk hidup lainnya yang ada di bumi ini. Manusia juga dianugerahi hati dan perasaan untuk memahamu lingkungan disekitarnya. Tapi, manusia tetaplah manusia,ia tak seperti hewan yang diberikan kemampuan seperti insting yang sangat baik untuk memahami keadaan,beberapa hewan memang dianugerahi insting yang baik tapi beberapa hewan lainya juga dianugerahi perasaan yang tulus terhadap makhluk hidup lainya sehingga menjadikan hewan itu contoh yang baik untuk manusia.

      Indonesia adalah negeri yang memiliki ribuan pulau dari yang sangat besar sampai yang kecil juga berikut dengan semua keindahan dan pesona alamnya. Memiliki kepulauan yang sangat banyak dan tersebar disegala penjuru wilayah membuat Indonesia terkenal akan keindahan alamnya tapi, dibalik segala keindahannya itu terdapat bencana alam yang dapat merusak dan meluluhlantakan pulau-pulau yang indah itu. Terletak di jalur pegunungan berapi dunia membuat Indonesia sering diguncang gempa bumi baik dengan skala kecil sampai dengan skala besar yang tak menutup kemungkinan juga menyebabkan tsunami, ditambah lagi erupsi gunung berapi membuat pemerintah dan seluruh jajaran kepemimpinan terkait untuk selalu siaga.dan tanggap akan bencana yang selalu mengintai Indonesia.

      Bencana alam itu sebenarnya dapat kita hindari dengan cara-cara yang mudah dan tak perlu berlebihan,yaitu dengan cara tak membuang sampah sembarangan,tak menebang pohon secara liar sampai tak berperilaku merusak alam yang dapat menimbulkan bencana.

       Kita makhluk hidup yang ada dibumi ini,sering terlena akan apa yang telah kita peroleh sehingga menjadikan kita sombong,angkuh,dan besar kepala,padahal alam selalu mengajari kita untuk tidak berperilaku seperti itu dengan dibuktikan oleh pepatah yaitu "hidup itu pakailah ilmu padi semakin berisi semakin tunduk" tapi,apakah kita pernah perhatikan? Pepatah itu mungkin hanya sering didengar ketika kita di ceramahi oleh guru karena nakal disekolah bukan?

       Jika kita telaah kembali padazaman purba,manusia yang hidup pada zaman tersebut hidup tanpa dikelilingi teknologi seperti manusia zaman sekarang,tapi mengapa manusia pada zaman dahulu itu mampu bertahan  memiliki keturunan sampai sekarang padahal mereka selalu dikelilingi oleh bahaya yang selalu mengintai mereka baik itu para pemangasa,bahkan sampai pada bencana alam yang tak dapat diprediksi.

         So,apapunyang tengah terjadi disekitar kita seperti sekarang ini,memang tak terlalu mengejutkan karena justru semua itu terjadi akibat dari ulah jahil tangan kita sendiri. Sikap manusia yang tak pernah puas dan selalu ingin menang sendirilah yang merupakan awal dari bencana itu sendiri. Yang salah itu bukan alamnya tapi manusianya.


    Jadi,janganlah kita mencari-cari kambing hitam untuk apa yang tengah terjadi karena justru kita manusialah yang paling bertanggung jawab atas semua kerusakan yang terjadi dialam. Bukan tanggung jawab siapanya yang mesti dinyakan tapi tanggung jawab apa yang telah kita lakukan atas semua yang terjadi dialam ini.

oleh : nessya syahna khairanisa
Previous
Next Post »
0 Komentar