center>

Hobi "Menyalin" Indonesia salah satu yang terburuk di dunia

16.52
     Hobi merupakan sebuah aktifitas yang dilakukan umat manusia dengan suka  cita, berbagai macam hobi orang-orang sangat bermacam-macam. Di Indonesia sendiri, berjuta orang bahkan rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Sayangnya tidak semua hobi itu baik, beberapa hobi menimbulkan kerugian atau akan menimbulkan kerugian. Karena cangkupan pembahasannya terlalu luas, mari kita persempit jangkauannya, untuk kali ini mari membahas hobi "menyalin" di Indonesia yang dicap salah satu yang terburuk di dunia. Apa aja hobi-hobi itu?, mari langsung aja kita lihat.

Yang pertama ialah menyalin hak cipta orang lain

Hobi yang satu ini sepertinya sudah tidak merupakan hobi lagi, karena sudah menjadi budaya kebanyakan rakyat Indonesia. Digadang-gadang sebagai salah satu yang terburuk di dunia, dikuatkan dengan pernyataan ketua Komisi Yudisial (KY) Busyro Muqoddas yang menyatakan bahwa Indonesia tercatat sebagai negara pelanggar hak cipta terbesar ke empat di dunia.
 “Kita menduduki tempat keempat sebagai pelanggar hak cipta di dunia, sehingga banyak negara kemudian menyorotinya,” kata Ketua KY Busyro di Denpasar, Selasa, tanpa menyebutkan negara yang menduduki peringkat satu dan seterusnya. (ANTARA News, 2015, p.2).

Yang kedua ialah menyalin GEN

Menyalin GEN atau dalam kata lain membuat keturunan merupakan hal yang sangat biasa di Indonesia ini dan entah kenapa sangat sulit dikurangi, akibat hobi yang satu ini Indonesia mengalami ledakan penduduk yang luar biasa. Sampai saat ini Indonesia menduduki posisi ke-4 sebagai negara yang memiliki penduduk terbanyak, dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 255 juta jiwa.
Jumlah ini bukan hanya akan bertambah, tetapi juga akan mengurangi semua sumber daya alam yang kita miliki. Banyak bencana mulai dari bencana alam sampai bencana kemanusiaan yang akan datang akibat hal ini.

Yang ketiga ialah menyalin kebodohan

Hobi satu ini umumnya terjadi ketika masih duduk di bangku sekolah, sudah tahu tidak mengerjakan 'PR' akan memberikan efek buruk , tetapi disalin, sudah tahu bolos sekolah hanya menumpulkan otak, tetapi tetap disalin, sudah tahu menyontek melemahkan kemampuan, tetap saja disalin. Kebiasaan-kebiasaan tadi sudah tahu berdampak buruk, tetapi tetap saja ditiru/disalin ke dalam diri, inilah yang dimaksud menyalin kebodohan.

Yang keempat ialah hobi menyalin Id dan password

Nah siapa yang punya hobi ini, atau pernah melakukan hal yang serupa, baik secara langsung yakni mengntip diam-diam saat ada seseorang sedang memasukkan id dan password mereka, biasanya terjadi di  warnet (warung internet) dan yang menjadi sasaran ialah akun game atau biasa disebut char. Ataupun secara tidak langsung yakni dengan menggunakan program illegal atau umum dikenal dengan hacking. Untuk yang satu ini harus yang ahli yang melakukannya, jika tidak akan gagal jadinya.

Yang kelima dan terkahir ialah menyalin kalimat orang lain

Ini adalah hobinya orang-orang yang suka bertingkah 'sok bijak' menyalin kalimat bijak yang didapat baik dari mendengar secara langsung ataupun dari media sosial yang kemudian menggunakannya kepada orang lain. Tujuannya umumnya demi ketenaran atau demi pujian dan sanjungan dari orang lain, orang seperti ini biasanya akan menjadi bahan ejekan setelah diketahui kepalsuannya.


Diantara orang-orang baik terdapat orang jahat dan diantara orang-orang jahat terdapat pula orang baik. Begitu pula dengan hobi dan budaya, sebagai masyarakat yang mencerminkan manusia yang bermoral dan bermartabat sudah sepantasnya tidak melakukan hobi-hobi di atas.

oleh : Abdurrohman Jauhari
Previous
Next Post »
0 Komentar